Selasa, 07 Juni 2011

search engine

1.

SEARCH ENGINE

Search engine adalah program database yang dapat mencari file-file yang terdapat di internet dan sekaligus memberikan informasi mengenai lokasinya. Search engine memiliki kemampuan untuk menghimpun file/dokumen di internet dengan cara menghimpunnya secara otomatis dengan menggunakan spider atau dengan menerima pengguna internet yang mendaftarkan home page mereka. Selanjutnya search engine akan mengindeks data yang dihimpunnya, dan dapat ditemukan kembali dengan menggunakan keyword tertentu.

Penggunaan search engine sangat mudah, karena hanya dengan menuliskan keyword tertentu search engine akan langsung mencarinya sendiri. Kemudian hasil penelusuran akan ditampilkan dalam bentuk indeks, yang berisi informasi mengenai judul file/dokumen, lokasi, dan penjelasan singkat mengenai dokumen.

Berikut ini petunjuk dalam menggunakan search engine :

*

Pelajari penggunaan search engine yang akan digunakan (bagi pemula). Petunjuk penggunaan pada search engine terkadang berbeda satu dengan lainnya. Dengan mempelajari terlebih dahulu, maka kita bisa melalukan penelusuran dengan cara yang cepat dan tepat.
*

Tentukan kata kunci atau frase kunci dari topik yang ingin dicari. Kata kunci atau frase kunci harus mewakili topik yang ingin dicari. Kesalahan penulisan kata kunci akan berakibat pada hasil penelusuran yang kita peroleh.
*

Gunakan operator boolean jika di perlukan
*

Gunakan tanda kutip/apostrof di awal dan diakhir kalimat, jika kata kunci terdiri dari 2 kata atau lebih. Tanda baca tersebut menunjukkan bahwa keyword merupakan satu kesatuan atau frase. Tetapi saat ini pada umumnya search engine menyediakan pilihan/kategori tanpa harus menuliskan tanda kutip, tetapi cukup dengan memberi tanda v (cawang) pada kategori "exact phrase"
*

Bacalah indeks dokumen yang ditemukan, dan pilihlah yang paling sesuai dengan topik yang ingin dicari
*

Cobalah menggunakan kata kunci atau frase kunci yang lain, jika penelusuran tidak menemukan hasil.

Saat ini search engine telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dari segi fasilitas maupun jenisnya. Search engine tersebut dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya :

a. General

Yang dimaksud dengan general search engine adalah search engine yang digunakan untuk melakukan penelusuran data/dokumen dari berbagai subyek yang umum, mulai dari dokumen yang bersifat hiburan, komersial, maupun ilmiah.

Contoh :

*

Altavista http://www.altavista.com
*

Hotbot http://www.hotbot.com
*

Excite http://www.excite.com
*

Lycos http://www.lycos.com
*

Yahoo http://www.yahoo.com
*

Infoseek http://www.infoseek.com
*

Mamma : Mother of all Search Engines http://www.mamma.com

Review dapat dilihat di http://incuvl.mitra.net.id/onestop/searchengine.htm



b. Meta search engine

Adalah search engine yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan perintah penelusuran kepada beberapa search engine sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Jenis dan jumlah search engine yang dihimpun tergantung pada masing-masing meta search engine. Penelusuran pada meta search engine dapat menghemat waktu penelusuran, sehingga kita tidak perlu susah payah mencoba satu persatu search engine. Hasil penelusuran yang sama akan disortir.

Contoh meta search engine :

*

Metacrawler http://www.metacrawler.com
*

All4One http://www.all4one.com
*

SuperSeek http://www.superseek.com
*

ProFusion http://profusion.ittc.ukans.edu
*

MotherLoad http://www.cosmix.co/motherload/
*

37.com http://www.37.com

Walaupun dapat melakukan penelusuran dengan cepat, meta search memiliki kelemahan tidak dapat melakukan penelusuran secara mendetail seperti pada search engine yang tunggal, karena biasanya meta search engine menggunakan standard penelusuran yang dapat dipakai oleh semua search engine yang dihimpunnya.

2. ONLINE REFERENCES COLLECTION

*

English Language Dictionaries http://www.bubl.ac.uk/link/e/englishlanguagedictionaries.htm

Di Bubl Subject Guides ini akan dijumpai berbagai kamus bahasa Inggris yang dapat diakses secara online.

3. GUIDE/DIRECTORIES/SEARCH ENGINE

*

Bubl Language, Literature and Culture http://www.bubl.ac.uk/link/lan.html

Di web site ini akan dijumpai daftar subject bidang-bidang sastra yang berisi link ke berbagai alamat website disertai dengan abstraknya.

*

LII (Librarian's Index to Internet) Literature and Books

http://www.lii.org/search/file/literature

Subject Guides ini menghimpun berbagai alamat website bidang sastra yang dikategorikan berdasarkan periode, jenis karya sastra, dan berdasarkan negaranya. Masing-masing subyek dikategorikan lagi berdasarkan jenis data Website disertai dengan abstraknya, sehingga sangat memudahkan penggunanya.

*

About.Com http://englishlit.miningco.com/arts/englishlit/

Search engine yang satu ini menyediakan daftar alamat website berdasarkan subjectnya yang dapat juga dicari dengan menggunakan fasilitas search yang disediakan.

*

The Victorian http://landow.stg.brown.edu/victorian/victov.html

Segala informasi tentang periode/jaman Victorian disajikan secara detil di website ini seperti : religion, political history, philosophy, social history, dsb.

*

Bibliomania http://www.bibliomania.com/

Berisi ratusan karya-karya sastra seperti fiksi klasik, fiksi populer, cerita pendek, drama, puisi, kamus, dll. yang dapat diakses secara full text. Penelusuran dapat dilakukan dengan cara browsing berdasarkan menunya atau menggunakan search engine yang disediakan.

*

Literary Resources on the Net http://andromeda.rutgers.edu/~jlynch/Lit/

Website ini berisi link ke berbagai website sastra Inggris dan Amerika yang digunakan sebagai bahan pengajaran (silabus). Subyek yang tercakup adalah periode aliran/jaman, theatre and drama, theory, women's literature and feminism, dll.

*

Languages and Linguistics http://eserver.org/langs/

Website ini menghimpun URL khusus bidang bahasa dan linguistic, mulai dari reference collection, handbook, organisasi, mailing list, dan sebagainya.

4. ONLINE BOOKS

*

IPL Online Texts http://www.ipl.org/texts

Buku-buku online dapat diakses secara cuma-cuma dari alamat ini. Penelusuran bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas pencarian atau browsing berdasarkan nama pengarang, judul buku, atau nomor klasifikasi (DDC).

*

Online Literature Library http://www.literature.org/authors/index.com

Di website ini karya-karya satra dari sastrawan klasik dapat di-download secara cuma-cuma.

*

Project Gutenberg http://promo.net/pg

- The Online Book Page http://digital.library.upenn.edu/books/

Website ini menyediakan link ke lebih dari 6000 buku online di Internet yang disusun berdasarkan nama pengarang, judul maupun subyek buku.

*

The Celebration of Women Authors http://digital.library.upenn.edu/women/

Website ini menghimpun karya-karya sastra pengarang wanita yang disusun berdasarkan nama pengarang, periode/jaman dan judul karya. Semuanya dapat diakses full text.

*

The Internet Classic Archive http://classics.mit.edu/

Berisi 441 karya-karya klasik yang dapat diakses secara full text. Penelusuran dapat dilakukan berdasarkan judul karya atau dengan menggunakan fasilitas pencarian baik yang "simple" maupun yang "advanced".

*

American Literature http://xroads.virginia.edu/~HYPER/hypertex.html

Biografi, komentar, dan karya-karya sastra dari pengarang Amerika dapat diakses full text dari website ini.

5. ONLINE JOURNALS

*

Essays in Criticism http://www.oup.co.uk/escrit
Artikel dari jurnal terbitan Oxford University Press ini dapat diakses full text
*

De Proverbia http://info.utas.edu.au/docs/flonta/



6. LITERARY CRITICISM/BIOGRAPHY

*

Criticism.Com http://www.criticism.com
Buku kritik-kritik terhadap karya sastra
*

IPL Online Literary Criticism http://www.ipl.org/ref/litcrit/
Selain menghimpun karya kritik sastra dan biografi satrawan dari berbagai website, IPL juga menyediakan link download artikel di "special collection". NothernLight yang dapat dibeli dengan harga sangat murah.
*

AuthorSheets- Literary Criticism http://www.clpgh.org/clp/Humanities/authorhome.html
AuthorSheet yang di buat oleh Carnegie Library of Pittsburgh ini menyediakan informasi bibliografi buku dan artikel kritik-kritik sastra ke berbagai website pilihan bidang sastra.
*

American Author on the Web http://www.lang.nagoya-u.ac.jp/~matsuoka/AmeLit.html
Website ini menghimpun berbagai alamat website tentang sastrawan Amerika seperti biografi, kritik, karya-karyanya, dsb.

0 komentar:

Posting Komentar